Sunday, 24 October 2010

RPP MULOK (Wirausaha Hasil Pertanian)





KATA PENGANTAR

Alhamdulillah Puji Syukur saya sampaikan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa atas Rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas) Tahun pelajaran 2010/2011. Perangkat Pembelajaran ini merupakan acuan bagi  Guru dalam melaksanakan Proses Pembelajaran, di susun mengikuti  ketetapan pemerintah  yang memberikan wewenang kepada masing-masing sekolah untuk menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan RPBKL (Rancangan Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal) , dan telah disesuaikan dengan kondisi di SMA Negeri 9 Jambi.

Perangkat Pembelajaran ini di harapkan dapat lebih memudahkan Guru dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk memahami dan menyampaikan Pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas)

Perangkat Pembelajaran ini berisi Standar isi Mata Pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas) SMA, Silabus, Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2010/2011, Perhitungan Minggu Efektif, Program Tahunan, Program Semester, dan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ).

Sava menvadari bahwa Perangkat Pembelajaran ini jauh dari kata sempurna dan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya konstruktif demi perbaikannya di masa datang. Semoga Perangkat Pembelajaran  Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas)  SMA ini bermanfaat bagi para Guru Komunitas Pendidikan, khususnya saya dan Guru SMA  yang mengajar mata pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas)  di tingkat SMA/MA/SMALB. Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan RPBKL (Rancangan Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal)

Jambi,   Juli 2010
Penyusun,
Guru Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas)
SMA Neg. 9 Kota Jambi


RINI NOVRIYANTI, SP
NIP. 19721101 200701 2 005

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
1.        Standar Isi Mata Pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas) SMA Negeri 9 Jambi
2.       Silabus
3.       Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2010/2011
4.       Perhitungan Minggu Efektif Tahun Pelajaran 2010/2011
5.       Program Tahunan Tahun Pelajaran 2010/2011
6.       Program Semester Tahun Pelajaran 2010/2011
7.       Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
8.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ).

DAFTAR PUSTAKA

1. Standar Isi

Standar Isi Mata Pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA).

A.      Latar Belakang
Dalam upaya mengembangkan manusia berkualitas yang siap menghadapi berbagai tantangan hidup dimulai sedini mungkin melalui pendidikan. Kegiatan pendidikan diberikan antara lain melalui sejumlah mata pelajaran yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan bervariasi bagi peserta didik.

Tidak semua lulusan SMA/MA/SMALB melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi,sebagian diantaranya harus memasuki dunia kerja. Oleh sebab itu mata pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas) perlu diberikan kepada peserta didik di tingkat SMA/MA/SMALB.

Mata pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas) diarahkan agar peserta didik dapat mengembangkan kecakapan hidup (life skills) yang meliputi keterampilan personal, social, vokasional, dan akademik. Penekanan jenis keterampilan yang dipilih oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan minat dan bakat peserta didik serta potensi local, ingkungan budaya, kondisi ekonomi dan kebutuhan daerah.

Keterampilan personal dan social diperlukan oleh seluruh peserta didik, keterampilan akademik diperlukan oleh mereka yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi  dan keterampilan vokasional diperlukan bagi mereka yang akan memasuki dunia kerja.

Keterampilan vokasional memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dalam berbagai pengalaman apresiasi dan berkreasi untuk menghasilkan suatu karya yang bermanfaat langsung bagi kehidupan peserta didik. Seluruh aktivitas pembelajaran memberikan bekal kepada peserta didik agar adaptif, kreatif, dan inovatif melalui pengalaman belajar yang menekankan pada aktivitas fisik dan aktivitas mental. Peserta didik melakukan kegiatan pengolahan hasil pertanian komoditi nanas dan melakukan interaksi dengan lingkungannya guna menggali potensi, minat dan bakat kewirausahaannya.

Secara umum, orientasi pembelajaran keterampilan vokasional adalah memfasilitasi pengalaman emosi, intelektual, fisik, persepsi, social, estetika, dan kreativitas peserta didik dengan melakukan aktivitas, apresiasi dan kreasi terhadap berbagai produk. Kegiatan ini dimulai dari mengidentifikasi potensi di sekitar peserta didik untuk diubah menjadi produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Pembelajaran dirancang secara sistematis melalui tahapan meniru, memodifikasi, dan membuat kreasi produk yang ada menghasilkan produk baru yang lebih bermanfaat.

Dan Standar kompetensi dan kompetensi dasar yang diberikan merupakan salah satu alternative pembelajaran yang dapat diberikan oleh sekolah/ madrasah. Setiap satuan pendidikan diperkenankan untuk menawarkan pelajaran keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik serta potensi local, lingkungan budaya, kondisi ekonomi dan kebutuhan daerah, dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan sendiri.

SMA Negeri 9 Jambi telah melakukan penyesuaian dan melaksanakan pembelajaran keterampilan kepada siswa kelas X dan XI ( semester ganjil dan semester genap) melalui mata pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas) dan mata pelajaran Mulok kelas XII Pendidikan Lingkungan Hidup.

B.       Tujuan
Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas) merupakan mata pelajaran keterampilan vokasional yang memiliki tujuan agar peserta didik memiliki keterampilan sebagai berikut :
1.        Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan membuat berbagai produk pengolahan hasil pertanian khususnya  komoditi nanas.
2.       Mampu nengidentifikasi potensi daerah setempat  yang dapat dikembangkan melalui kegiatan pengembangan dan pemanfaatan teknologi sederhana dalam pengolahan hasil pertanian.
3.       Memiliki sikap profesional dan kewirausahaan.


C.       Ruang Lingkup
Ruang lingkup Mata pelajaran Mulok (Wira Usaha Teknologi Pengolahan Hasil Komoditi Nenas) meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
  1. Motivasi wirausaha (AMB), prinsip wirausaha, analisis SWOT, pengemasan produk (packing/packaging), pasar dan bauran pasar (mix market)
  2. Mengenal budidaya nanas dan pengolahanan buah nanas menjadi berbagai makanan : dodol. Selai, manisan, dll,
  3. Cara bernegosiasi bisnis dengan mitra bisnis, surat perjanjian kerjasama bisnis, dan proposal usaha.

8.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ).


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-1)
Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/Ganjil
Standar Kompetensi :
1.Memahami Achievment Motivation Of Bussines (AMB)
Kompetensi Dasar
1.1. Menjelaskan AMB
Indikator
Siswa mampu Menjelaskan pengertian AMB
Siswa mampu Menceritakan kembali tentang kisah sukses Wirausahawan
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami pengertian AMB.
Siswa memahami dan dapat menceritakan kembali kisah sukses Bob Sadino
Materi Pembelajaran
Pengertian Achievment Motivation Of Bussines (AMB)
Metode Pembelajaran
Diskusi Informasi
Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah
Pertemuan ke-1
Kegiatan Awal
Tujuan
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai.
Prasyarat
Menjelaskan pengertian motivasi.
Motivasi
Meminta siswa menyebutkan tokoh-tokoh yang sukses dalam bidang business, khususnya agribisnis.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menjelaskan rencana kegiatan tentang memahami pengertian AMB dan menceritakan kisah sukses Bob Sadino.
Guru menjelaskan materi tentang Pengertian Achievment Motivation Of Bussines (AMB) dan menugaskan masing-masing siswa mencari makalah/artikel dari majalah, koran atau internet cerita kisah orang sukses dalam business.
b. Elaborasi
Guru memberi kesempatan kepada beberapa orang siswa secara bergiliran memaparkan kisah orang sukses yang mereka peroleh di muka kelas.
Siswa lain dipersilahkan memberi tanggapan, saran dan komentar tentang kisah yang dipaparkan.
c. Konfirmasi
Siswa diminta mengidentifikasi cirri-ciri kepribadian yang harus dimiliki seorang wirausaha.
Guru membimbing siswa dalam menarik kesimpulan dari hasil diskusi.
Kegiatan Penutup
Siswa membuat rangkuman diskusi dibawah bimbingan guru.
Penghargaan, guru memberi pujian kepada kelompok terbaik.
Sumber Belajar
Nuryanto (2004), Manajemen Keuangan Pertanian, Jakarta, UT.
Hartowo (2001), Pengantar Ilmu Ekonomi, Jkarta, UT.
Biografi Bob Sadino.
Bahan /alat
LCD, VCD, film.
Penilaian
Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Tes tertulis
Bentuk tagihan
Laporan kerja Individu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-2)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/Ganjil
Standar Kompetensi :
1.Memahami Achievment Motivation
Of Bussines (AMB)
Kompetensi Dasar
Menjelaskan Prinsip 3D dan 5C
Indikator
Siswa mampu Menjelaskan prinsip 3D (Bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas).
Siswa mampu Menjelaskan prinsip 5C (Continuitas usaha, capasitas usaha, kwalitas usaha , credibilitas usaha dan collateral usaha.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami prinsip 3D (Bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas).
Siswa memahami prinsip 5C (Continuitas usaha, capasitas usaha, kwalitas usaha , credibilitas usaha dan collateral usaha).
C. Materi Pembelajaran
Prinsip 3B dan 5C
D. Metode Pembelajaran
Diskusi Informasi
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah
Pertemuan ke-2
Kegiatan Awal
Tujuan
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat
Menjelaskan pengertian AMB (Achievment Motivation of Bussines)
Motivasi
Jelaskan macam-macam usaha di bidang agribisnis.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menjelaskan rencana kegiatan memahami prinsip 3D (Bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas)
Guru membimbing siswa memahami prinsip 5C (Continuitas usaha, capasitas usaha, kwalitas usaha , credibilitas usaha dan collateral usaha).
b. Elaborasi
Guru membagi siswa dalam 4 kelompok.
Guru memberikan tugas berdiskusi, siswa diberi kesempatan berdiskusi kelompok memahami permasalahan yang diberikan dan menambahkan beberapa penjelasan dan uraian yang dianggap perlu.
Kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelas, salah satu kelompok maju kedepan sebagai penyaji dan kelompok lain sebagai pemrasaran.
c. Konfirmasi
Guru membimbing siswa dalam diskusi.
Dalam diskusi kelas, kelompok pemrasaran memberi saran, komentar dan kritik kepada kelompok penyaji.
Kelompok penyaji menerima dan menanggapi saran dan kritik pemrasaran.
Siswa berdiskusi kelas untuk mendapatkan rangkuman dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari permasalahan yang dikemukakan.
Guru membimbing siswa dalam menarik kesimpulan dari hasil diskusi.
Kegiatan Penutup
Siswa membuat rangkuman diskusi.
Penghargaan, guru memberi pujian kepada kelompok terbaik.
Sumber Belajar
Sumber :
Fx, Winarti, Dra. (2001) Studi Kelayakan Agribisnis , PPT UT.
Deptan Ditjen Hortikultura (2004) SOP Pengolahan hasil, Jakarta.
Bahan /alat : LCD, VCD, film.
Penilaian
Jenis tagihan:
Tugas kelompok
Tes tertulis
Bentuk tagihan :
Laporan kerja kelompok
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-3)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/Ganjil
Standar Kompetensi
1.Memahami Achievment Motivation
Of Bussines (AMB)
Kompetensi Dasar
Menjelaskan Analisa SWOT.
Indikator
Siswa mampu Menjelaskan prinsip dan tujuan SWOT
Siswa mampu Menjelaskan aspek-aspek untuk (teknis, ekonomis, social dan keamanan).
Siswa mampu Menjelaskan pengertian strength.
Siswa mampu Menjelaskan arti weakness
Siswa mampu Menjelaskan arti opportunity.
Siswa mampu Menjelaskan arti treat.
Siswa mampu Membuat analisis SWOT dengan memilih masalah satu usaha pengolahan nanas/pisang, dll.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami prinsip dan tujuan SWOT
Siswa memahami aspek-aspek untuk (teknis, ekonomis, social dan keamanan).
Siswa memahami pengertian strength
Siswa memahami arti weakness
Siswa memahami arti opportunity
Siswa memahami arti treat.
Siswa dapat Membuat analisis SWOT dengan memilih masalah satu usaha pengolahan nanas
C. Materi Pembelajaran
Analisa SWOT
D. Metode Pembelajaran:
Diskusi Informasi dan Observasi
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah :
Pertemuan ke-3 dan ke-4
Kegiatan Awal
Tujuan :Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat :Menjelaskan komponen prinsip 3D dan 5C.
Motivasi :Apa yang dimaksud dengan manajemen/pengaturan.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menjelaskan prinsip dan tujuan SWOT
Guru menginformasikan tentang: aspek-aspek teknis, ekonomis, social dan keamanan dalam memulai suatu usaha.
Guru membimbing siswa memahami pengertian strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (Peluang), arti treat (ancaman) dalam analisis SWOT.
b. Elaborasi
Guru membagi siswa dalam 4 kelompok.
Guru memberikan tugas kelompok kepada siswa untuk melakukan diskusi kelompok merumuskan dan membuat analisis SWOT dengan memilih masalah satu usaha pengolahan nanas/pisang dll.
Selanjutnya dalam diskusi kelas. Satu-persatu kelompok membacakan hasil analisis SWOT yang mereka susun di depan kelas.
c. Konfirmasi
Dalam diskusi kelas, kelompok pemrasaran memberi saran, komentar dan kritik kepada kelompok penyaji, sehubungan dengan analisis SWOT yang mereka buat.
Kelompok penyaji menerima dan menanggapi saran dan kritik pemrasaran yang berguna memperbaiki analisis SWOT yang mereka susun.
Setelah diskusi, masing-masing kelompok memperbaiki analisis SWOT sesuai hasil diskusi kelas telah disetujui, dan mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru pembimbing.
Kegiatan Penutup
Siswa membuat rangkuman.
Siswa membuat laporan analisa SWOT
Penghargaan, guru memberi pujian kepada kelompok terbaik.
F. Sumber Belajar
Sumber
Fx, Winarti, Dra. (2001) Studi Kelayakan Agribisnis , PPT UT.
Deptan Ditjen Hortikultura (2004) SOP Pengolahan hasil, Jakarta.
Bahan /alat
LCD, VCD, film.
G.Penilaian
Jenis tagihan
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tes tertulis
Bentuk tagihan :\
Laporan kerja kelompok
Laporan kerja
Individu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-4)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/Ganjil
Standar Kompetensi :
2. Memahami cara membuat dodol nenas dan masalah paking.
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan alat / bahan membuat dodol nenas.
Indikator :
Siswa mampu Menjelaskan fungsi alat /membuat dodol nenas berupa kompor, kuali, sudip, pisau, parutan, timbangan dan slayer.
Siswa mampu Menjelaskan fungsi bahan berupa nenas, tepung, gula, margarine, dan paking
Siswa mampu Menjelaskan tujuan pengolahan hasil pasca panen nenas/pisang.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami fungsi alat /membuat dodol nenas berupa kompor, kuali, sudip, pisau, parutan, timbangan dan slayer
Siswa memahami fungsi bahan berupa nenas, tepung, gula, margarine, dan paking
Siswa memahami tujuan pengolahan hasil pasca panen nenas/pisang.
C. Materi Pembelajaran
Fungsi alat pembuat dodol nenas.
Bahan bahan pembuat dodol nenas
Tujuan pengolahan nenas
D. Metode Pembelajaran :Diskusi
Informasi dan Observasi
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah :
Pertemuan ke 5 dan ke 6
Kegiatan Awal
Tujuan :
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat:
Jelaskan analisa SWOT usaha pengolahan nenas/pisang.
Motivasi :
Sebutkan produk pengolahan nenas.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menginformasikan tentang:
fungsi alat /membuat dodol nenas berupa kompor, kuali, sudip, pisau, parutan, timbangan dan slayer
fungsi bahan berupa nenas, tepung, gula, margarine, dan paking
tujuan pengolahan hasil pasca panen nenas/pisang.
b. Elaborasi.
Guru memberi tugas kepada siswa merangkumkan informasi yang telah disampaikan.
c. Konfirmasi
Guru meminta kepada beberapa orang siswa untuk menyampaikan Kesimpulan yang telah mereka buat, dan sebagian lagi mengomentari kesimpulan yang disampaikan , serta memberi penilaiaan.
Guru memberi pengarahan siswa untuk membuat kesimpulan yang benar atas materi yang diberikan pada hari itu.
Kegiatan Penutup
Rangkuman hasil belajar
Evaluasi proses tertulis
Pemberian tugas
F. Sumber Belajar
Sumber :
Hieronymus Budi Santoso (1998), Manisan Nenas, Penerbit Kanisuis.Yogyakarta.
Rahmat Rukmana, Ir. ((1996), Nenas Budidaya dan Pasca Panen , penerbit kanisius, Yogyakarta.
Bahan /Alat :
LCD, VCD.
G.Penilaian
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tes tertulis
Bentuk tagihan
Laporan kerja Individu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-5)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/Ganjil
Standar Kompetensi
2. Memahami cara membuat dodol
nenas dan masalah paking.
Kompetensi Dasar
2.2. Menjelaskan cara membuat dodol
nenas.
Indikator
Siswa mampu Menjelaskan prosedur kerja pembuatan dodol nenas
Siswa mampu Menjelaskan titik kritis pada pemasakan dodol, kebersihan, dan keselamatan kerja.
Siswa mampu Menganalisis usaha produksi dodol nenas.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami prosedur kerja pembuatan dodol nenas
Siswa memahami titik kritis pada pemasakan dodol, kebersihan, dan keselamatan kerja.
Siswa dapat menganalisis usaha produksi dodol nenas.
C. Materi Pembelajaran
Prosedur kerja pembuatan dodol nenas
Kebersihan dan keselamatan kerja
D. Metode Pembelajaran
Diskusi Informasi , Observasi dan
Eksperimen.
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah Pertemuan ke-7 dan ke-8
Kegiatan Awal
Tujuan
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat
Menyebutkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat dodol nenas/pisang.
Motivasi
Sebutkan tahap pengolahan makanan/memasak.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menginformasikan tentang:
Prosedur kerja pembuatan dodol nenas/pisang
Kebersihan dan keselamatan kerja
Guru membagi siswa dalam 4 kelompok.
b. Elaborasi
Guru memberikan tugas kelompok kepada siswa membuat dodol nenas/pisang.
c. Konfirmasi
Guru memberi penilaian dan komentar atas hasil kerja siswa. Bukan produk hasil pekerjaannya saja yang diberi penilaian, tapi juga diberi penilaian sikap/ afektifnya: kerjasama sesama anggota kelompok, kejujuran, kesungguhan,disiplin, dll.
Siswa juga diberi kesempatan meminta guru lain untuk memberi penilaian atas hasil kerja mereka.
Kegiatan Penutup
Mencatat rangkuman
Pemberian tugas
Pemberian penghargaan kepada kelompok terbaik
F. Sumber Belajar
Sumber :
Rahmat Rukmana, Ir. ((1996), Nenas Budidaya dan Pasca Panen , penerbit kanisius, Yogyakarta.
Sentra industri dodol nenas di desa tangkit Kec. Sungai Gelam Kab. Muara Jambi.
Bahan /Alat : LCD, VCD
G.Penilaian
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Tes tertulis
Bentuk tagihan :
Laporan kerja Individu
Laporan kerja kelompok
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-6)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/Ganjil
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara membuat dodol nenas dan
masalah paking.
Kompetensi Dasar : 2.3. Menjelaskan masalah paking.
Indikator :
Siswa mampu Menjelaskan tujuan paking.
Siswa mampu Mengidentifikasi syarat –syarat dalam paking.
Siswa mampu Menjelaskan macam jenis paking sesuai dengan peruntukan dan kelas pemasaran serta segmen pasar.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami tujuan paking.
Siswa dapat mengidentifikasi syarat –syarat dalam paking.
Siswa memahami macam jenis paking sesuai dengan peruntukan dan kelas pemasaran serta segmen pasar.
C. Materi Pembelajaran
Tujuan paking
Syarat-syarat dalam paking
Jenis paking
D. Metode Pembelajaran :Diskusi Informasi dan Observasi
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah :
Pertemuan ke 9 dan ke-10
Kegiatan Awal
Tujuan
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat
Menjelaskan kebersihan dalam pengolahan dodol nenas/pisang.
Motivasi
Apa yang dinamakan paking/pengemasan/bungkus dan label.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menginformasikan tentang:
Tujuan paking.
Syarat –syarat dalam paking.
Jenis paking sesuai dengan peruntukan dan kelas pemasaran serta segmen pasar
b. Elaborasi
Guru memberi tugas kepada siswa merangkumkan informasi yang telah disampaikan.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan tanggapan ataupun pertanyaan atas materi yan disampaikan.
c. Konfirmasi
Guru mengajukan beberapa pertanyaan sehubungan materi yang disampaikan, dan meminta beberapa orang siswa untuk menjawabnya.
Guru memberi pengarahan siswa untuk membuat kesimpulan yang benar atas materi yang diberikan pada hari itu.
Guru meminta kepada beberapa orang siswa untuk menyampaikan kesimpulan yang telah mereka buat, dan sebagian lagi memberi komentar dan tanggapan atas kesimpulan yang disampaikan temannya, dan guru memberi penilaiaan.
Kegiatan Penutup
Rangkuman hasil belajar
Evaluasi proses tertulis
F. Sumber Belajar
Sumber :
Rahmat Rukmana, Ir. ((1996), Nenas Budidaya dan Pasca Panen , penerbit kanisius, Yogyakarta.
Bahan /Alat :
LCD, VCD
G. Penilaian
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tes tertulis
Bentuk tagihan :
Laporan kerja Individu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-7)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/Ganjil
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara membuat dodol nenas dan
masalah paking.
Kompetensi Dasar : 2.4. Menjelaskan standar mutu.
Indikator :
Siswa mampu Menjelaskan tentang mutu produk.
Siswa mampu Menjelaskan tentang standar mutu.
Siswa mampu Menjelaskan tentang keseragaman mutu.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami tentang mutu produk.
Siswa memahami tentang standar mutu.
Siswa memahami tentang keseragaman mutu.
C. Materi Pembelajaran
Mutu produk
Standar mutu
Keseragaman mutu
D. Metode Pembelajaran :Diskusi Informasi dan Observasi
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah :
Pertemuan ke-11 dan ke-12
Kegiatan Awal
Tujuan
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat
Menjelaskan tujuan dan jenis paking.
Motivasi
Jelaskan pengertian mutu/kwalitas.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menginformasikan tentang:
Mutu produk
Standar mutu
Keseragaman mutu
b. Elaborasi
Guru memberi tugas kepada siswa merangkumkan informasi yang telah disampaikan.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan tanggapan ataupun pertanyaan atas materi yan disampaikan.
c. Konfirmasi
Guru mengajukan beberapa pertanyaan sehubungan materi yang disampaikan, dan meminta beberapa orang siswa untuk menjawabnya.
Guru memberi pengarahan siswa untuk membuat kesimpulan yang benar atas materi yang diberikan pada hari itu.
Guru meminta kepada beberapa orang siswa untuk menyampaikan kesimpulan yang telah mereka buat, dan sebagian lagi memberi komentar dan tanggapan atas kesimpulan yang disampaikan temannya, dan guru memberi penilaiaan.
Kegiatan Penutup
Rangkuman hasil belajar
Evaluasi proses tertulis
F. Sumber Belajar
Sumber :
Hand Out Teknologi Pengolahan Hasil.
Bahan /Alat :
LCD, VCD
Penilaian
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Tes tertulis
Bentuk tagihan :
Laporan kerja Individu
Laporan kerja kelompok
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-8)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/ Genap
Standar Kompetensi : 3.Memahami pasar dan strategi pemasaran
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsikan pasar dan bauran pasar.
Indikator :
Siswa mampu Mendeskripsikan pasar dan bauran pasar.
Siswa mampu Menjelaskan macam-macam pasar.
Siswa mampu Menjelaskan Tujuan pemasaran
Siswa mampu Menjelaskan Bauran pasar (mix market)
Siswa mampu Menjelaskan Pentingnya tempat usaha.
Siswa mampu Menjelaskan arti Price, produk, dan promosi dengan omset
penjualan.
Siswa mampu Menjelaskan Perilaku pasar , fluktuasi pasar, dan intervensi pasar
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan pasar dan buuran pasar.
Siswa memahami macam-macam pasar
Siswa memahami Tujuan pemasaran
Siswa memahami Bauran pasar (mix market)
Siswa memahami Pentingnya tempat usaha.
Siswa memahami arti Price, produk, dan promosi dengan omset penjualan.
Siswa memahami Perilaku pasar , fluktuasi pasar, dan intervensi pasar
C. Materi Pembelajaran
Pasar dan bauran pasar
Macam-macam pasar
Tujuan pemasaran.
Bauran pasar (mix market)
Pentingnya tempat usaha.
Price, produk, dan promosi.
Perilaku pasar , fluktuasi pasar, dan intervensi pasar.
D. Metode Pembelajaran :Diskusi Informasi dan Observasi
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah :
Pertemuan ke-1 s.d ke-4
Kegiatan Awal
Tujuan
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat
Menjelaskan mutu produk, standar dan keseragaman mutu.
Motivasi
Jelaskan pengertian pasar.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menginformasikan tentang:
Pasar dan bauran pasar
Macam-macam pasar
Tujuan pemasaran.
Bauran pasar (mix market)
Pentingnya tempat usaha.
Price, produk, dan promosi.
Perilaku pasar , fluktuasi pasar, dan intervensi pasar.
b. Elaborasi.
Guru memberi tugas kepada siswa merangkumkan informasi yang telah disampaikan.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan tanggapan ataupun pertanyaan atas materi yan disampaikan.
c. Konfirmasi
Guru mengajukan beberapa pertanyaan sehubungan materi yang disampaikan, dan meminta beberapa orang siswa untuk menjawabnya.
Guru memberi pengarahan siswa untuk membuat kesimpulan yang benar atas materi yang diberikan pada hari itu.
Guru meminta kepada beberapa orang siswa untuk menyampaikan kesimpulan yang telah mereka buat, dan sebagian lagi memberi komentar dan tanggapan atas kesimpulan yang disampaikan temannya, dan guru memberi penilaiaan.
Kegiatan Penutup
Rangkuman hasil belajar
Evaluasi proses tertulis
F. Sumber Belajar
Sumber :
Fx, Winarti, Dra. (2001) Studi Kelayakan Agribisnis , PPT UT.
Deptan Ditjen Hortikultura (2004) SOP Pengolahan hasil, Jakarta.
Bahan /alat : LCD, VCD, film
G. Penilaian
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tes tertulis
Bentuk tagihan :
Laporan kerja Individu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-9)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/ Genap
Standar Kompetensi : 3.Memahami pasar dan strategi pemasaran
Kompetensi Dasar : 3.2. Menjelaskan cara berbegosiasi pada mitra bisnis.
Indikator :
Siswa mampu Menjelaskan Pasar global dan pasar ekspor.
Siswa mampu Menjelaskan Kesepakatan tertulis dalam negosiasi saling menguntungkan.
Siswa mampu Menyusun contoh kesepakatan tertulis salah satu usaha dalam produk pengolahan nenas.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami pengertian Pasar global dan pasar ekspor
Siswa memahami Kesepakatan tertulis dalam negosiasi saling menguntungkan.
Siswa berlatih menyusun kesepakatan tertulis salah satu usaha dalam produk pengolahan nenas.
C. Materi Pembelajaran
Pasar global dan pasar ekspor.
Kesepakatan tertulis dalam negosiasi
D. Metode Pembelajaran :Diskusi Informasi , Observasi dan Eksperimen.
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah :
Pertemuan ke-5 s.d ke-7
Kegiatan Awal
Tujuan
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat
Menjelaskan macam-macam pasar yang telah dipelajari.
Motivasi
Jelaskan globalisasi, produk ekspor dan produk impor.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menjelaskan pengertian pasar global dan pasar ekspor.
Guru menginformasikan tentang kesepakatan terrtulis dalam negosiasi.
b. Elaborasi
Guru membagi siswa dalam 4 kelompok.
Guru memberikan tugas kelompok kepada siswa membuat/menyusun kesepakatan tertulis dengan memilih masalah satu usaha pengolahan nanas/pisang dll.
c. Konfirmasi
Kegiatan Penutup
Siswa membuat rangkuman.
Evaluasi ketercapaian
Siswa membuat laporan kesepakatan tertulis
Penghargaan, guru memberi pujian kepada kelompok terbaik.
F. Sumber Belajar
Sumber :
Hieronymus Budi Santoso (1998), Manisan Nenas, Penerbit Kanisuis.Yogyakarta.
Rahmat Rukmana, Ir. ((1996), Nenas Budidaya dan Pasca Panen , penerbit kanisius, Yogyakarta.
Bahan /Alat :
LCD, VCD
G. Penilaian
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Tes tertulis
Bentuk tagihan :
Laporan kerja kelompok
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-10)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/ Genap
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis teknik usaha produksi pengolahan
manisan / selai.
Kompetensi Dasar : 4.1. Memahami usaha produk manisan /selai nenas.
Indikator :
Siswa mampu Menjelaskan Serba-serbi manisan /selai nenas.
Siswa mampu Mengidentifikasi Bahan dan peralatan produk manisan selai nenas.
Siswa mampu Menjelaskan Cara membuat manisan selai nenas.
Siswa mampu Menganalisis usaha manisan selai nenas.
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami Serba-serbi manisan /selai nenas.
Siswa dapat mengidentifikasi Bahan dan peralatan produk manisan/selai nenas.
Siswa memahami Cara membuat manisan /selai nenas.
Siswa memahami analisis usaha manisan /selai nenas.
C. Materi Pembelajaran
Serba-serbi manisan nenas.
Bahan dan peralatan produk manisan nenas.
Cara membuat manisan nenas.
Analisis usaha manisan nenas.
D. Metode Pembelajaran :Diskusi Informasi , Observasi dan Eksperimen
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah :
Pertemuan ke-8 s.d ke-12
Kegiatan Awal
Tujuan
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat
Bahan dan peralatan produk dodol nenas.
Motivasi
Adakah perbedaan dodol dengan manisan dan selai ?
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru menjelaskan rencana kegiatan memahami:
Serba-serbi manisan selai nenas.
Bahan dan peralatan produk manisan selai nenas.
Cara membuat manisan selai nenas.
Analisis usaha manisan selai nenas
b. Elaborasi
Guru membagi siswa dalam 4 kelompok, masing-masing kelompok membuat makalah tentang materi diskusi.
Guru memberikan tugas berdiskusi.
Guru membimbing siswa dalam diskusi.
Siswa berdiskusi kelompok.
c. Konfirmasi
Siswa berdiskusi kelas untuk mendapatkan rangkuman.
Guru membimbing siswa dalam menarik kesimpulan dari hasil diskusi.
Kegiatan Penutup
Penilaian hasil kerja kelompok dan hasil presentasi masing-masing kelompok.
Siswa membuat rangkuman.
Evaluasi ketercapaian.
Penghargaan, guru memberi pujian kepada kelompok terbaik.
F. Sumber Belajar
Sumber :
Hieronymus Budi Santoso (1998), Manisan Nenas, Penerbit Kanisuis.Yogyakarta
Bahan /Alat :
LCD, VCD
G. Penilaian
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Tes tertulis
Bentuk tagihan :
Laporan kerja kelompok
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP-11)
A. Identitas
Nama sekolah : SMA Negeri 9 Jambi
Mata Pelajaran : Mulok
Kelas/Semester : X/Genap
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis teknik usaha produksi pengolahan
manisan selai.
Kompetensi Dasar : 4.2. Memahami dalam menyusun proposal usaha industri
pengolahan.
Indikator :
Siswa mampu Menjelaskan Pengertian proposal usaha.
Siswa mampu Menjelaskan Tujuan pembuatan proposal usaha.
Siswa mampu Menjelaskan Tata cara pembuatan proposal usaha pengolahan nenas.
Siswa mampu Menjelaskan tentang BEF, O/I ratio.
Siswa mampu Menjelaskan Syarat-syarat kelayakan proposal usaha.
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa memahami Pengertian proposal usaha
Siswa memahami Tujuan pembuatan proposal usaha.
Siswa memahami Tata cara pembuatan proposal usaha pengolahan nenas.
Siswa memahami tentang BEF, O/I ratio.
Siswa memahami Syarat-syarat kelayakan proposal usaha.
C. Materi Pembelajaran
Pengertian proposal usaha.
Tujuan pembuatan proposal usaha.
Tata cara pembuatan proposal usaha.
BEF, O/I ratio.
Syarat-syarat kelayakan proposal usaha.
D. Metode Pembelajaran : Diskusi Informasi , Observasi dan Eksperimen
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah – langkah :
Pertemuan ke-13 s.d ke-17
Kegiatan Awal
Tujuan
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Prasyarat
Menjelaskan usaha pengolahan nenas menjadi dodol, manisan ,selai.
Motivasi
Apa yang anda ketahui tentang proposal ?
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan Pengertian proposal usaha
Guru menginformasikan tentang:
Tujuan pembuatan proposal usaha.
Tata cara pembuatan proposal usaha.
BEF, O/I ratio.
Syarat-syarat kelayakan proposal usaha
Guru membagi siswa dalam 4 kelompok.
Guru memberikan tugas kelompok kepada siswa membuat proposal usaha dengan memilih masalah satu usaha pengolahan nanas/pisang dll.
Kegiatan Penutup
Siswa membuat kesimpulan / rangkuman.
Evaluasi ketercapaian.
Siswa membuat proposal usaha
Penghargaan, guru memberi pujian kepada kelompok terbaik.
F. Sumber Belajar
Sumber :
Nuryanto (2004), Manajemen Keuangan Pertanian, Jakarta, UT.
Rahmat Rukmana, Ir. ((1996), Nenas Budidaya dan Pasca Panen , penerbit kanisius, Yogyakarta.
Sentra industri dodol nenas di desa tangkit Kec. Sungai Gelam Kab. Muara Jambi.
Bahan /Alat :
LCD, VCD
G. Penilaian
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Tes tertulis
Bentuk tagihan :
Laporan kerja kelompok
Jambi, Juli 2009
Guru Mata Pelajaran
Rini Novriyanti, SP
Nip. 430023457 /19721101 200701 2 005

2 comments:

  1. RPP-nya sangat bagus dan membantu, bu.Tapi boleh share juga sama silabus, prota dan promesnya ga bu? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete