Tuesday, 11 January 2011

Versi terjemahan dari1.3. Analisis SWOT

 

1.3. 1.3. Analisis SWOT SWOT Analysis
Mata Pelajaran  : Mulok Subject                   : Mulok
Kelas/Semester  : X/Ganjil Class / Semester        : X / Odd
Standar Kompetensi : 1.Memahami Achievment Motivation Of Bussines Competency Standards  : 1.Underestand Achievment Motivation Of Bussines (AMB) (Amb)
Kompetensi Dasar  : 1.3. Basic Competence        : 1.3. Menjelaskan Analisa SWOT. Describe the SWOT analysis.
Indikator   : Indicators                :
  • Siswa mampu Menjelaskan prinsip dan tujuan SWOT Students are able to explain the principles and objectives of the SWOT
  • Siswa mampu Menjelaskan aspek-aspek: teknis, ekonomis, social dan keamanan (factor makro) Students are able to Explain the following aspects: technical, economic, social and security (macro factors)
  • Siswa mampu Menjelaskan pengertian strength, weakness, opportunity,threat. Students are able to Explain the meaning strength, weakness, opportunity, threat.
  • Siswa mampu Membuat analisis SWOT dengan memilih masalah satu usaha pengolahan nanas/pisang, dll. Students are able to make a SWOT analysis by choosing a problem processing business pineapple / banana, etc..
Alokasi Waktu  : 4 x 45 menit Allocation of Time       : 4 x 45 minutes
B. A. Tujuan Pembelajaran Learning Objectives
  • Siswa  memahami prinsip dan tujuan SWOT, memahami aspek-aspek  teknis, ekonomis, social dan keamanan. Students understand the principles and objectives of the SWOT, understand the technical aspects, economic, social and security.
  • Siswa  memahami pengertian strength, weakness, opportunity,threat. Students understand the sense of strength, weakness, opportunity, threat.
  • Siswa  dapat Membuat analisis SWOT dengan memilih masalah satu usaha pengolahan nanas Students to Make a SWOT analysis by choosing a business problem processing pineapple
C. B. Materi Pembelajaran Learning Materials
  • Analisa SWOT SWOT Analysis
D.C. Metode Pembelajaran: Diskusi Informasi dan Observasi Learning Method: Discussion Information and Observation
Menurut According to Lancaster, G dan Jobber, D (1990), SWOT dalah kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Lancaster, G. and Jobber, D (1990),  SWOT is strengths, weakness (Weaknesses), opportunity (opportunities) and threats (threats).
Manajemen harus melakukan penilaian kekuatan dan kelemahan usaha secara realities dan objektif, dalam konteks peluang dan ancaman yagn potensial. Management should assess the strengths and weaknesses of business Realities and objectively, in the context of potential opportunities and threats towards justice.
Peluang dan ancaman terhadap bidang usaha kita di masa yang akan datang terutama berasal dari factor-faktor yang berada di luar kendali langsung dan khususnya berasal dari kecenderungan dan perubahan pada factor-faktor yang disebut factor makro, yaitu factor politik, ekonomi, social budaya dan teknologi. Opportunities and threats to our business in the future primarily from factors that are beyond the direct control and in particular comes from the trends and changes in the factors referred to macro factors, namely political factors, economic, social, cultural and technological .
Yang penting dipahami bahwa penentuan apa yang terkandung dalam peluang / ancaman, dan juga analisis kekuatan dan kelemahan, harus dilakukan bersamaan. Kekuatan nyata misalnya saja reputasi mengenai kualitas, akan menjadi kekuatan yang sebenarnya hanya jika reputasi itu dimanfaatkan sebaik-baiknya di pasar/dalam kegiatan usaha. What is important to understand that the determination of what is contained in the opportunities / threats, and also analyzes the strengths and weaknesses, must be done simultaneously. The strength concrete example reputation on quality, will become a real force only if the reputation it be best utilized in the market / in the activities business.
Contoh analisis SWOT Sample SWOT Analysis :
Masalah : Memulai usaha pengolahan dodol nenas Problem: Starting a pineapple processing business lunkhead
Uraian Kasus : Case Description:
Ibu Aisyah memiliki warung kecil didepan rumahnya. Ayesha's mother has a small stall in front of his house. Di sekitar tempat tinggalnya merupakan sentra produksi nenas. In the vicinity of his residence is the production center of pineapple. Salah seorang tetangganya  ada yang memiliki usaha bisnis dodol nenas, mengolah buah nenas menjadi dodol nenas dan dijual ke berbagai daerah. One of his neighbors who have no business lunkhead pineapple, processed pineapple fruit and pineapple into  lunkhead sold to various regions. Bu Aisyah berkeinginan mengikuti jejak tetangganya tersebut menambah penghasilan keluarga dengan usaha dodol nenas. Mrs. Ayesha wants to follow the trail neighbors increase family income by business lunkhead pineapple. Dia sudah biasa memasak dan membuat kue untuk kebutuhan rumah tangganya sendiri. He was used to cook and bake cookies for their own household needs. Dengan modal seadanya dia membulatkan tekad untuk memulai usaha bisnisnya. With a minimum investment she was determined to start their business.
Buatlah Analisis SWOT dari kasus tersebut ! Make a SWOT analysis of the case!
Berikut Contoh analisis SWOT dari kasus di atas ! The following example of a SWOT analysis of the cases above!
·         Kekuatan utama usaha The main strength of business
o        Bahan baku mudah didapat dan Harga bahan baku terjangkau, sehingga membutuhkan modal yang tidak begitu besar untuk memulai usaha. The raw material is easily available and affordable price of raw materials, thus requiring that capital is not so great to start a business.
o        Sudah terbiasa membuat penganan untuk kebutuhan rumah tangga sendiri. Was used to make snacks for their own household needs.
o        Punya toko tempat menjual produk. Got a shop where selling the product.
·         Kelemahan yang perlu diperhatikan adalah : Weaknesses that need attention are:
o        Belum memiliki pengalaman dalam berbisnis usaha dodol nenas Do not have experience in doing business enterprises pineapple lunkhead
o        Modal seadanya, belum bisa menghasilkan produk dalam jumlah banyak. Minimum investment, has not been able to produce products in large quantities.
o        Belum memiliki izin usaha Do not have a business license
·         Peluang yang bisa diraih adalah : Opportunities that can be achieved are:
o        Bu Aisyah memiliki Mrs. Aisha has teman dan  saudara yang bisa diminta membantuannya menitipkan produknya friends and relatives who could be asked to place selling her products.
o        Sasaran penjual dibatasi kepada relasi, teman, kenalan dan saudara sebagai langkah memperkenalkan produk. Target sales are limited to relationships, friends, acquaintances and relatives as a step to introduce the product.
o        Menambah penghasilan Adding income
o        Menambah pengalaman, belajar dari tetangganya. Add to experience, learn from their neighbors.
·         Ancaman pokok yang dihadapi adalah : Principal threats faced are:
o        Ibu Aisyah  baru memulai usaha, produk belum dikenal orang. Ayesha's mother just starting a business, product not yet known.
o        Keterbatasan permodalan. Limitations capital.
o        Belum memiliki izin usaha dan izin edar, produk tidak dapat diperdagangkan di pasar atau supermarket. Do not have a business license and marketing authorization, the product can not be traded in the market or supermarket.
SWOT : Strengt, Weakness, Opportunity, Treatment. SWOT: Strengt, Weakness, Opportunity, Treatment.
  • Strengt:power/safety/security:kekuatan/keselamatan/keamanan: Ú potensi Strengt: power / safety / security: the strength / safety / security:  potential
  • Weakness: Social/Humanity/affiliation (Human resource); kemanusiaan/ afisiliasi/ kesantunan/ Ú Sumber daya manusia Weakness: Social / Humanity / affiliation (Human resources); humanitarian / afisiliasi / politeness / Ú Human resources
  • Opportunity: Ekonomi/keuntungan/penghargaan:recognition Ú tujuan Opportunity: Economy / benefits / rewards: recognition purposes
  • Treatment : teknik/perlakuan/metode Ú cara pencapaian tujuan. Treatment: technique / treatment / method Ú way of achieving the goal.
Soal Latihan Prinsip 3D dan 5K & Analisis SWOT Practice Principle Problem 3D and 5K & SWOT Analysis
1.        Sebutkan 6 langkah untuk mengembangkan jiwa dan pola pikir (mindset) sebagai wirausaha ! Mention 6 steps to develop the soul and mind (mindset) as an entrepreneur!
2.        Sebutkan 4 tip anti gagal ! Mention four anti-fail tip!
3.        Jelaskan Prinsip 3D ! Explain the principle of 3D!
4.        Jelaskan prinsip 4K Explain the principles of 4K
5.        Jelaskan pengertian SWOT ! Explain the meaning SWOT!
6.        Buatlah Analisis SWOT dari kasus berikut : Make a SWOT analysis of the following cases:
Uraian Kasus : Case Description:
Bu halimah  sudah berbisnis usaha dodol nenas selama 5 tahun dengan modal seadanya dia memulai bisnis tersebut.Bu halimah've been in business enterprises lunkhead pineapple for 5 years with a minimum investment she started the business. Dahulu dia hanya menitipkan barang dagangannya kepada beberapa rekannya. Previously he only left his wares to some of his colleagues. Sekarang  sudah memiliki izin depkes dan merek dagangnya sudah terdaftar di deperindag. Now it has the permission department of health and trade mark registered in the Ministry. Sehingga produknya sudah dijual di pasar dan supermarket. So the products have been sold in markets and supermarkets.
Tapi usahanya lambat berkembang karena kurang modal dan keuntungan yang didapat juga sedikit belum lagi kadangkala tidak  laku terjual/kadaluarsa. Bu Halimah berencana menambah produknya dengan membuat selai nenas dan minuman sari buah nenas dengan harapan usahanya bisa berkembang.But his efforts to grow slowly because of lack of capital and profits are also a bit not to mention sometimes are not sold / expired. Mrs. Halima plans to add its product to make pineapple jam and pineapple juice drinks in the hope that their business can flourish. Untuk itu dia membutuhkan tambahan modal. For that he needed additional capital. Dia tertarik untuk mengambil kredit di bank KUR (Kredit Usaha Rakyat) kredit yang tidak perlu agunan. He is interested in taking on bank credit KUR (Red Carpet) credits that do not need collateral. Dengan besar pinjaman Rp. With a huge loan of Rp. 5.000.000 juta rupiah mudah-mudahan rencananya mengembangkan usahanya bisa terwujud. 5 million million dollars hopefully develop their business plans can be realized.
Daftar Pustaka Bibliography
1.        Lancaster, G dan Jobber, D. Lancaster, G. and Jobber, D. 1990. 1990. TEKNIK MANAJEMEN PENJUALAN. SALES MANAGEMENT TECHNIQUES. Binarupa Aksara. Binarupa Script. Jakarta. Jakarta.
2.        Suradjiman. Suradjiman. 1996. EKONOMI untuk SMU kelas I. 1996. ECONOMY for the high school class I. Pusat Perbukuan. Book Centre. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Ministry of Education and Culture. Jakarta. Jakarta.
3.        Edilius. Edilius. 1999. 1999. PENGANTAR EKONOMI PERUSAHAAN. INTRODUCTION TO ECONOMIC COMPANY. Rineka Cipta. Rineka reserved. Jakarta. Jakarta.
4.        Lancaster, G dan Jobber, D. Lancaster, G. and Jobber, D. 1990. 1990. TEKNIK MANAJEMEN PENJUALAN. SALES MANAGEMENT TECHNIQUES. Binarupa Aksasara. Binarupa Aksasara. Jakarta. Jakarta.
5.        Schiffman's, S. 1996. Schiffman's, S. 1996. SUKSES DENGAN TELEMARKETING. SUCCESS WITH Telemarketing. Pustakadela Pratasa. Pustakadela Pratasa. Jakarta. Jakarta.
6.        Tim Gemini writer (2008). Team Gemini writer (2008). 101 IDE JITU PELUANG USAHA. 101 IDE JITU BUSINESS OPPORTUNITY. MeBook (grup Puspa Swara). MeBook (group Puspa Swara). Jakarta Jakarta
Teks asli Bahasa Indonesia
Bekerja dengan cerdas , bekerja dengan cermat dan diperhitungkan, jangan berhenti belajar menambah keterampilan, dapat memanfaatkan peluang dan mencari keuntungan.
Sarankan terjemahan yang lebih baik

No comments:

Post a Comment